UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI KECIK 01 KECAMATAN BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO

RIADI, (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI KECIK 01 KECAMATAN BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI RIADI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI RIADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RIADI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB I RIADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (302kB)
[img] Text
BAB II RIADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (413kB)
[img] Text
BAB III RIADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV RIADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (830kB)
[img] Text
BAB V RIADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RIADI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kecik 01 materi pecahan sederhana dengan menggunakan menggunakan media kartu pecahan. Media kartu pecahan digunakan guru melalui sebuah permainan kartu pecahan Jenis penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kecik 01 yang berjumlah 17 siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik obsevasi dan tes tulis. Instrumen penelitian menggunkan lembar observasi guru, observasi siswa dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: hasil belajar matematika dengan menggunakan media kartu pecahan siswa kelas III SD Negeri Kecik 01mengalami peningkatan pada materi pecahan sederhana. Peningkatan pada siklus I sebesar 7,7% sedangkan pada siklus II sebesar 11%. Peningkatan tersebut disebabkan dalam menjelaskan aturan permainan kartu pecahan guru memberikan simulasi pelaksanaan permainan kartu pecahan. Dengan demikian siswa dapat melakukan permainan kartu pecahan sesuai dengan aturan permainan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika dan media kartu pecahan.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 04 Mar 2023 04:47
Last Modified: 04 Mar 2023 04:47
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3453

Actions (login required)

View Item View Item