SA’DIYAH, HALIMATUS (2021) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn MATERI SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING MELALUI APLIKASI ZOOM PADA SISWA KELAS VIII di MTs. AL FALAH PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI HALIMATUS SA’DIYAH.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI HALIMATUS SA’DIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (92kB) |
||
|
Text
ABSTRAK HALIMATUS SA’DIYAH.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB I HALIMATUS SA’DIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (242kB) |
||
Text
BAB II HALIMATUS SA’DIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (235kB) |
||
Text
BAB III HALIMATUS SA’DIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (202kB) |
||
Text
BAB IV HALIMATUS SA’DIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (459kB) |
||
Text
BAB V HALIMATUS SA’DIYAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA HALIMATUS SA’DIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada pembelajaran problem solving melalui aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dimana metode penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh pendidik untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. AL FALAH Jalan Durian No. 13, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo dan obyek yang diteliti terbatas pada siswa kelas VIII MTs. AL FALAH dengan jumlah siswa sekitar 18 siswa. Dalam pengumpulan datan menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan haisl penelitian diketahui bahwa sebagian besar prsetasi belajar siswa meningkat pada pembelajaran problem solving masalah melalui aplikasi zoom. Metode pembelajaran problelm solving merupakan suatu proses yang dirancamg untuk memmbantu siswa dalam memecahkan masalah. Dengan menerapkan metode pembelajaran problem solving siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada proses pembelajaran dimana menunjukkan bahwa siswa aktif, dan prsetasi belajar siswa siswa meningkat dalam belajar. Hal ini juga didukung oleh hasil dari wawancara dan angket dengan siswa yang menjelaskan bahwa siswa antusias, Prestasi belajar siswa meningkat pada metode pembelajaran problem solving melalui aplikasi zoom karena menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan dalam prsetasi belajar pada siswa dengan menerapkan metode pembelajaran problem solving melalaui aplikasi zoom. Di mana pembelajaran ini membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta mempe rmudah siswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga prsetasi belajar siswa dalam belajar meningkat.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Problem Solving, Aplikasi Zoom, Prestasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 04:20 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 04:20 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3620 |
Actions (login required)
View Item |