UNNAINAH, IFLYA (2022) MENUMBUHKAN SIKAP NASIONALISME PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI VIDEO DOKUMENTER HARI PAHLAWAN TERHADAP SISWA KELAS VII SMP ISLAM TARBIYATUL HASAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI IFLYA UNNAINAH.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI IFLYA UNNAINAH.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK IFLYA UNNAINAH.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I IFLYA UNNAINAH.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II IFLYA UNNAINAH.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III IFLYA UNNAINAH.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV IFLYA UNNAINAH.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V IFLYA UNNAINAH.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA IFLYA UNNAINAH.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penumbuhan sikap nasionalisme pada mata pelajaran PPKn melalui video dokumenter hari pahlawan terhadap siswa kelas VII SMP Islam Tarbiyatul Hasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Tarbiyatul Hasan Liprak Wetan pada Maret 2022. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penumbuhan sikap nasionalisme pada mata pelajaran PPKn yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi sebagai data utama dan silabus, RPP serta dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru PPKn dan 2 perwakilan siswa kelas VII SMP Islam Tarbiyatul Hasan. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penumbuhan sikap nasionalisme pada mata pelajaran PPKn melalui video dokumenter hari pahlawan terhadap siswa kelas VII SMP Islam Tarbiyatul Hasan sudah diterapkan dimulai dari persiapan, pelaksanaan hingga penilaian. Tetapi, tidak semuanya di implementasikan oleh siswa. Dalam pelaksanaan penumbuhan sikap nasionalisme pada mata pelajaran PPKn faktor penghambatnya adalah kurangnya kreatif guru dalam metode pembelajaran, masalah waktu, ketidaksesuaian jumlah indikator dengan tujuan pembelajaran, sarana prasarana yang kurang memadai serta keaktifan siswa. Serta didukung dengan semangat tinggi yang dimiliki oleh elemen sekolah, alat dan media yang dimiliki sekolah, kesadaran siswa serta nilai siswa sebagai acuan guru dalam menilai penumbuhan sikap nasionalisme. Adapun upaya yang dilakukan dalam menumbuhkan sikap nasionalisme pada mata pelajaran PPKn melalui video dokumenter hari pahlwan terhadap siwa kelas VII SMP Islam Tarbiyatul hasan ialah meminimalisir RPP dan siswa agar tetap terarah dalam pembelajaran, melengkapi sarana dan prasarana, melakukan remedial dan pengayaan serta lebih meningkatkan metode dan media pembelajaran agar siswa senang mengikuti mata pelajaran PPKn
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nasionalisme, PPKn, Video Dokumenter |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 09:28 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 09:28 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4151 |
Actions (login required)
View Item |