PENERAPAN NILAI KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE PEMBENTUKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII MTs RAUDLATUL HASANIYAH KEC KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO

SALFIYA, (2023) PENERAPAN NILAI KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE PEMBENTUKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII MTs RAUDLATUL HASANIYAH KEC KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI SALFIYA.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SALFIYA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SALFIYA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SALFIYA.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SALFIYA.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SALFIYA.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SALFIYA.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SALFIYA.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SALFIYA.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai kedisiplinan siswa kelas VII MTs Raudlatul Hasaniyah pada mata pelajaran PPKn melalui metode pembentukan karakter. penelitian ini dilaksanakan di MTs Raudlatul Hasaniyah Kel. Jrebeng Lor pada Juni 2023. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penanaman nilai kedisiplinan melalui metode pembentukan karakter pada pelajaran PPKn yang diperoleh melalui metode observasi, dan wawancara sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru PPKn, dan perwakilan 2 siswa kelas VII MTs Raudlatul Hasaniyah. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai kedisiplinan kelas VII pada mata pelajaran PPKn sudah berjalan dengan baik walaupun tidak semua bersikap sama. Peran guru PPKn dalam menerapkan nilai disiplin siswa yaitu dengan menggunakan metode pembentukan karakter yakni dengan memberikan contoh perilaku yang baik secara langsung. Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam menerapkan nilai kedisiplinan siswa melalui metode pembentukan karakter untuk meningkatkan nilai disiplin siswa kelas VII antara lain terdapat siswa yang bandel, tidak mau mendengarkan nasihat dan teguran guru, kurang sopan terhadap guru. Adapun faktor mempengaruhi ketidakdisiplinan siswa kelas VII MTs Raudlatul Hasaniyah yaitu faktor teman, faktor lingkungan dan faktor keluarga.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Karakter, PPKn
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 20 Feb 2024 04:24
Last Modified: 20 Feb 2024 04:24
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4302

Actions (login required)

View Item View Item