SALFIYA, (2023) PENERAPAN NILAI KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE PEMBENTUKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII MTs RAUDLATUL HASANIYAH KEC KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI SALFIYA.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI SALFIYA.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SALFIYA.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SALFIYA.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SALFIYA.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III SALFIYA.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV SALFIYA.pdf Download (940kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V SALFIYA.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SALFIYA.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (568kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai kedisiplinan siswa kelas VII MTs Raudlatul Hasaniyah pada mata pelajaran PPKn melalui metode pembentukan karakter. penelitian ini dilaksanakan di MTs Raudlatul Hasaniyah Kel. Jrebeng Lor pada Juni 2023. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penanaman nilai kedisiplinan melalui metode pembentukan karakter pada pelajaran PPKn yang diperoleh melalui metode observasi, dan wawancara sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru PPKn, dan perwakilan 2 siswa kelas VII MTs Raudlatul Hasaniyah. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai kedisiplinan kelas VII pada mata pelajaran PPKn sudah berjalan dengan baik walaupun tidak semua bersikap sama. Peran guru PPKn dalam menerapkan nilai disiplin siswa yaitu dengan menggunakan metode pembentukan karakter yakni dengan memberikan contoh perilaku yang baik secara langsung. Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam menerapkan nilai kedisiplinan siswa melalui metode pembentukan karakter untuk meningkatkan nilai disiplin siswa kelas VII antara lain terdapat siswa yang bandel, tidak mau mendengarkan nasihat dan teguran guru, kurang sopan terhadap guru. Adapun faktor mempengaruhi ketidakdisiplinan siswa kelas VII MTs Raudlatul Hasaniyah yaitu faktor teman, faktor lingkungan dan faktor keluarga.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Karakter, PPKn |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 04:24 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 04:24 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4302 |
Actions (login required)
View Item |