PRAMESTI, ROCHADILAH ARTHA (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (SLOW LEARNER) KELAS IV DI SDN JATIURIP 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ROCHADILAH ARTHA.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI ROCHADILAH ARTHA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ROCHADILAH ARTHA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ROCHADILAH ARTHA.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ROCHADILAH ARTHA.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ROCHADILAH ARTHA.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV ROCHADILAH ARTHA.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V ROCHADILAH ARTHA.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ROCHADILAH ARTHA.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus sebenarnya membutuhkan rencana, pendekatan unik yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak. Guru di sekolah harus menciptakan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus dengan mempertimbangkan kondisi siswa sehingga dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Kerangka pembelajaran difokuskan pada kebutuhan anak slow learner dan menggali kemampuan diri anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang efektif dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik slow learner kelas IV di SDN Jatiurip I Kabupaten Probolinggo. Penelitian deskriptif dengan metodologi kualitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Penelitian deskriptif digambarkan sebagai penelitian yang menggambarkan data yang telah dikumpulkan untuk dianalisis. Penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini karena bertujuan untuk mengidentifikasi apa yang terjadi di lapangan. Berdasarkan hasil temuan bahwasanya tidak adanya guru pendamping khusus dan kurangnya alat peraga seperti media pembelajaran selain itu juga kondisi internal pada anak slow learner yakni kondisi keluarga atau lingkungan di sekitar. Sedangkan faktor pendukung untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu motivasi dari orang tua, kerja sama antara rekan guru untuk mencapai hasil pembelajaran dan prestasi belajar yang maksimal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya ruang sumber, sharing antara orang tua dan guru, kerjasama antara guru kelas dengan guru lain dalam penyusunan kurikulum, dan tingkat kenyamanan anak slow learner di lingkungan belajar semuanya mendukung. strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak slow learner.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 04:16 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 04:16 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4778 |
Actions (login required)
View Item |