HIDAYATI, NUR (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING METHODS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMP NURUL ISLAM KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI NUR HIDAYATI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI NUR HIDAYATI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK NUR HIDAYATI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I NUR HIDAYATI.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II NUR HIDAYATI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III NUR HIDAYATI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV NUR HIDAYATI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V NUR HIDAYATI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NUR HIDAYATI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran yaitu ketika guru mengadopsi metode pembelajaran yang monoton sehingga hal tersebut dapat membuat motivasi siswa dalam belajar menurun. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa. Bertolak dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada tiga permasalahan: (1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran peer teaching methods dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SMP Nurul Islam Kota Probolinggo, (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan metode pembelajaran peer teaching methods dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Nurul Islam Probolinggo, (3) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan metode pembelajaran peer teaching methods dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Nurul Islam Probolinggo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif. Prosedur pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, wali kelas, guru mapel, dan siswa SMP Nurul Islam Probolinggo. Setelah dilakukan pengumpulan data kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif diantaranya reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Peer Teaching Methods cukup efektif karena dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri, aktif, kreatif, dan bernalar kritis hal tersebut sesuai dengan dimensi dalam nilai-nilai pancasila. Dalam pelaksanaannya siswa terlibat dalam pembelajaran karena pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) dan guru sebagai fasilitator atau narasumber. Terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu 1) peserta didik menjadi kurang serius dalam belajar, 2) sulit dalam menentukan tutor. Solusi akan kendala tersebut 1) Diberikan sanksi/hukuman/teguran , 2) memilih tutor berdasarkan kriteria yaitu siswa yang aktif berbicara didalam kelas, siswa yang menguasai materi dan siswa yang percaya diri. Projek yang diselenggarakan adalah suara demokrasi. Dengan demikian peserta didik mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus untuk belajar dari lingkungan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Teaching Methods, Motivasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 May 2024 02:45 |
Last Modified: | 03 May 2024 02:45 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4789 |
Actions (login required)
View Item |