PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SDN CURAHGRINTING 1

NASUTION, AFRILIYA NADIA PUTRI (2024) PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SDN CURAHGRINTING 1. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI AFRILIYA NADIA PUTRI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI AFRILIYA NADIA PUTRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK AFRILIYA NADIA PUTRI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB I AFRILIYA NADIA PUTRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (314kB)
[img] Text
BAB II AFRILIYA NADIA PUTRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (425kB)
[img] Text
BAB III AFRILIYA NADIA PUTRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV AFRILIYA NADIA PUTRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (319kB)
[img] Text
BAB V AFRILIYA NADIA PUTRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AFRILIYA NADIA PUTRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (194kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (228kB)

Abstract

Pengajaran membaca di sekolah dasar disusun menurut pembagian masyarakat menjadi kelompok-kelompok yang termasuk dalam kelas sosial rendah dan tinggi. Membaca awal adalah langkah pertama dalam membaca untuk anak kecil. Pengembangan keterampilan membaca dini sangat penting untuk membangun landasan kuat yang berdampak pada seberapa baik kegiatan belajar mengajar siswa berjalan. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui Penerapan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 1 SDN Curahrinting 1, 2. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa setelah dilakukan penerapan media big book. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Kemmis Mc Taggart. Ada 4 tahapan yang akan dilakukan dalam penelitian tindakan kelas yaitu persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Curahgrinting 1 yang beralamatkan di Jl. KY. Hasyim Mas No 15 Kelurahan Curahgrinting Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Curahgrinting 1 Kota Probolinggo. Jumlah siswa di kelas ini sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, 10 siswa atau 62,5% dari seluruh siswa menyelesaikan siklus I dengan kompetensi kemampuan membaca klasikal, sedangkan 6 siswa atau 37,5% tidak menyelesaikan siklus I. Hasil siklus I menunjukkan ketuntasan membaca klasikal belum tercapai karena belum memenuhi ambang batas yang dipersyaratkan yaitu 80%. Kemahiran membaca anak meningkat pada siklus II. Secara khusus, 3 anak, atau 18,75%, tidak mencapai kemahiran tuntas dalam tes kemampuan membaca klasik, sedangkan 13 anak, atau 81,25%, mencapai kemahiran. Hasil penelitian yang penulis laksanakan tentang penerapan media big book terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 dapat dikatakan bahwa penggunaan media big book pada siklus II telah meningkatkan keterampilan membaca siswa hingga mencapai ketuntasan klasikal.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Big Book, kemampuan membaca
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2024 05:56
Last Modified: 29 Aug 2024 03:33
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4863

Actions (login required)

View Item View Item