KHOIROH, FAJAROTUL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DIVISION BOARD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERRED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PEMBAGIAN BERSUSUN SISWA KELAS IV SDN WIROBORANG 4 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI FAJAROTUL KHOIROH.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI FAJAROTUL KHOIROH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (238kB) |
||
|
Text
ABSTRAK FAJAROTUL KHOIROH.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text
BAB I FAJAROTUL KHOIROH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (499kB) |
||
Text
BAB II FAJAROTUL KHOIROH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (587kB) |
||
Text
BAB III FAJAROTUL KHOIROH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (847kB) |
||
Text
BAB IV FAJAROTUL KHOIROH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
BAB V FAJAROTUL KHOIROH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (473kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA FAJAROTUL KHOIROH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (483kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (271kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan media ini dilakukan karena guru belum menemukan media yang tepat untuk membantu siswa kelas IV SDN Wiroborang 4 mengatasi kendala dalam pemahaman konsep pada matematika materi pembagian bersusun. Media yang dikembangkan oleh peneliti ialah media pembelajaran yang berupa media Division Board. Media ini dapat membantu siswa untuk memahami konsep pembagian bersusun dan dapat menyelesaikan soal yang memuat operasi hitung pembagian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh peneliti meliputi menjadi 5 tahap yaitu: tahap studi pendahuluan, tahap perancangan pembelajaran interaktif, tahap pengembangan produk, tahap validasi dan uji coba terbatas, dan tahap revisi produk akhir pada pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar praktisi pembelajaran, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan validasi ahli media mendapatkan hasil 93,75% dengan kategori sangat baik, validasi ahli materi mendapatkan hasil 87,5% dengan kategori sangat baik, dan ahli pembelajaran mendapatkan hasil 81% dengan kategori sangat baik. Hasil uji lapangan skala kecil yang dilakukan kepada siswa mendapatkan hasil 85% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media Division Board yang dikembangkan layak digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Division Board, NHT, Matematika Pembagian Bersusun. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 01:33 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 01:33 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4867 |
Actions (login required)
View Item |