FITRIYANA, (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN JATIADI II. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI FITRIYANA.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI FITRIYANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (16kB) |
||
|
Text
ABSTRAK FITRIYANA.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 FITRIYANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (41kB) |
||
Text
BAB 2 FITRIYANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (327kB) |
||
Text
BAB 3 FITRIYANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (581kB) |
||
Text
BAB 4 FITRIYANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (635kB) |
||
Text
BAB 5 FITRIYANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (328kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA FITRIYANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (239kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (492kB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan pengaruh proses pembelajaran terhadap efektivitas belajar siswa di SDN Jatiadi II kecamatan gending, kabupaten probolinggo. Pembelajaran pada anak sekolah dasar adalah tahapan pembelajaran yang bersifat operasional konkret, dimana proses belajar peserta didik seharusnya berinteraksi dengan benda atau peristiwa nyata. Khususnya dalam pembelajaran IPA di SD, suatu pembelajaran harus menekankan pada pembelajaran langsung guna mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Selain itu model pembelajaran yang diberikan harus dapat disenangi siswa supaya proses belajar dapat efektif. Maka penggunaan metode pembelajaran dengan model project based learning (PJBL) sangat tepat dilakukan karena bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi rangkain listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperiment Pre-Experimental Designs. Pada desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Adapun dalam penelitian ini kelas VI sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 10 siswa dan penentuan sampel penulis menggunakan teknik purposive sampling, selanjutnya untuk menganalisis penulis menggunakan uji Reliabilitas dengan melakukan pretest dan posttest dan untuk menentukan hasil akhir menggunakan analisis data yaitu dengan dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan aplikasi SPSS Saintifik 26. Hasil penelitian yang penulis lakukan dengan uji normalitas pretest dan posttest yaitu prestest sebesar 69.000 dan posttest sebesar 42.000 dan mengalami peningkatan sebesar 27.000. pada uji homogenitas sebesar 0.011 dari < 0.05. hal tersebut bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA materi rangkaian listrik pada data Pretest dan Posttest. Dengan demikian bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi rangkaian listrik. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Uji – T berpasangan (paired sample t test) menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.011. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran project based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SDN Jatiadi II khususnya pada hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi rangkain listrik.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning, IPA Materi Rangkaian Listrik, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 02:23 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 02:23 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4869 |
Actions (login required)
View Item |