PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MISTERY BOXS ASEAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SDN WATUWUNGKUK

AGUSTIN, ROSALINA (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MISTERY BOXS ASEAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SDN WATUWUNGKUK. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ROSALINA AGUSTIN.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI ROSALINA AGUSTIN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ROSALINA AGUSTIN.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
BAB I ROSALINA AGUSTIN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (428kB)
[img] Text
BAB II ROSALINA AGUSTIN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (649kB)
[img] Text
BAB III ROSALINA AGUSTIN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (689kB)
[img] Text
BAB IV ROSALINA AGUSTIN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (735kB)
[img] Text
BAB V ROSALINA AGUSTIN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ROSALINA AGUSTIN.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (487kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS kurang optimal, siswa cenderung kurang bersemangat, cepat bosan, melakukan aktivitas lain di ruang kelas dan kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan kurangnya peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk penerapan meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran materi ASEAN dengan menggunakan media Mistery boxs pada kelas VI SDN Watuwungkuk. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas VI SDN Watuwungkuk yang berjumlah 23 siswa. Penelitian dilakukan 2 siklus, dalam setiap siklus terdapat 2 pertemuan dalam penelitian tindakan kelas terdapat 4 tahap (perencanaan, kegiatan, observasi, dan refleksi) sepanjang proses dua siklus tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar angket minat belajar siswa, lembar angket respon siswa, lembar observasi minat belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran ASEAN dengan menggunakan media pembelajaran Mistery Boxs. Hasil penelitian memperoleh rata-rata pada siklus I menunjukkan 9 dari 23 siswa memiliki tingkat minat di bawah 70% sehingga rata-rata tingkat minat siswa kelas VI sebesar 68,11. Ratarata tingkat minat siswa kelas VI, Pada siklus II menunjukkan 4 siswa yang memiliki minat belajar di bawah 70% dari total 23 siswa, sehingga di peroleh rata-rata minat belajar siswa adalah sebesar 80,43. Dari hasil penelitian tersebut maka penerapan media pembelajaran mistery boxs ASEAN berbasis pendekatan Problem solving dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SDN Watuwungkuk.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kotak mistery boxs, materi ASEAN, pemecahan masalah, minat belajar siswa
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:13
Last Modified: 03 Sep 2024 03:13
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item