ATHILAH, FARAH SAYU (2024) Implementasi Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN Karanganyar 1. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER FARAH SAYU ATHILAH .pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text
9. DAFTAR ISI FARAH SAYU ATHILAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (557kB) |
||
|
Text
7. HALAMAN ABSTRAK FARAH SAYU ATHILAH .pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 FARAH SAYU ATHILAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (115kB) |
||
Text
BAB 2 FARAH SAYU ATHILAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (203kB) |
||
Text
BAB 3 FARAH SAYU ATHILAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (229kB) |
||
Text
BAB 4 FARAH SAYU ATHILAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (620kB) |
||
Text
BAB 5 FARAH SAYU ATHILAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (97kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA FARAH SAYU ATHILAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (305kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (194kB) |
Abstract
Guru yang kurang inovatif pada model pembelajaran sehingga nilai sebagian siswa tidak mencapai KKM. Pengajaran yang kurang interaktif, kurang menarik, atau tidak sesuai dengan gaya belajar anak dapat mengurangi pemahaman siswa terhadap IPAS. Hal yang harus dilakukan adalah guru harus menyiapkan dan menetapkan berbagai metode yang bervariasi guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan, pelaksanaan dan penilaian implementasi model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) untuk menumbuhkan motivasi belajar pada pembelajaran IPAS kelas V SDN Karanganyar 1Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data berupa deskripsi atau kata-kata yang menggambarkan temuantemuan data yang ditemukan selama kegiatan penelitian di lapangan. Berdasarkan hasil data penelitian, proses persiapan melibatkan penyusunan RPP dan media pembelajaran sesuai dengan model yang akan diterapkan. Pelaksanaan implementasi model pembelajaran ARCS pada pembelajaran IPAS kelas V melibatkan tahapan yang sesuai dengan langkahlangkah pembelajaran model ARCS. Penilaian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan kepercayaan diri, dan membuat pembelajaran lebih menarik melalui empat kondisi motivasi siswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Pembelajaran, IPAS |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 02:14 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 02:14 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4932 |
Actions (login required)
View Item |