KHOIRY, MAULIDIA (2024) PENERAPAN MEDIA POP UP-BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI PEMBELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA DI SD NAMIRA. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER SKRIPSI MAULIDIA KHOIRY .pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
7. DAFTAR ISI, TABEL & GAMBAR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (19kB) |
||
|
Text
8. ABSTRAK MAULIDIA KHOIRY .pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
9. BAB I MAULIDIA KHOIRY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (231kB) |
||
Text
10. BAB II MAULIDIA KHOIRY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (222kB) |
||
Text
11. BAB III MAULIDIA KHOIRY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (337kB) |
||
Text
12. BAB IV MAULIDIA KHOIRY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (574kB) |
||
Text
13. BAB V MAULIDIA KHOIRY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (99kB) |
||
Text
14. DAFTAR PUSTAKA MAULIDIA KHOIRY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (181kB) |
||
Text
26. SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI MAULIDIA KHOIRY .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (109kB) |
Abstract
Pembelajaran yang dilaksanakan di SD Namira Kraksaan, mata pelajaran IPA kelas II Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Lingkungannya menunjukkan hasil yang sangat rendah dan mendapat nilai dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Mata pelajaran IPA mempelajari tentang dirinya sendiri, lingkungannya, alam semesta dan teknologi yang kan membawanya kesebuah pemahaman. Kegiatan pembelajaran IPA pada pokok bahasan makhluk hidup dan lingkungannya bagi siswa kelas II ini dilakukan dengan menggunkan media Komgkreat Pop-Up Book. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book pada mata pelajaran IPA pokok bahasan makhluk hidup dan lingkungannya menggunakan media Kongkreat Pop-Up Book pada siswa kelas II. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif atau data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum adanya tindakan ke siklus I dan siklus II. Dari data pra siklus diketahui skor rata-rata kelas yaitu 66,68. Pada siklus I dapat diketahui peningkatan pada skor rata-rata kelas yaitu 81,96 dan pada siklus II 86,92. Dapat diketahui pula bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari tiap pertemuan. Yang sebelum adanya tindakan hanya 6 siswa yang tuntas (24%) dari 23 siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan siswa yang tuntas menjadi 17 siswa (68%) dari 23 siswa . pada siklus II ada peningkatan siswa yang tuntas belajar menjadi 23 siswa (92%) dari 25 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan diterapkannya Media pembelajaran Pop-Up Book pada mata pelajaran IPA pokok bahasan makhluk hidup dan lingkungannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Namira Kraksaan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Kongkreat Pop-Up Book. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 05:40 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:14 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4936 |
Actions (login required)
View Item |