FAUZIA, ALFINA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA KELAS V DI SDN JATI 1 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ALFINA FAUZIA .pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI ALFINA FAUZIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (49kB) |
||
|
Text
ABSTRAK ALFINA FAUZIA .pdf Download (49kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 ALFINA FAUZIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (139kB) |
||
Text
BAB 2 ALFINA FAUZIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (246kB) |
||
Text
BAB 3 ALFINA FAUZIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (213kB) |
||
Text
BAB 4 ALFINA FAUZIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (332kB) |
||
Text
BAB 5 ALFINA FAUZIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (50kB) |
||
Text
BAB 6 ALFINA FAUZIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (46kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA ALFINA FAUZIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (176kB) |
||
Text
SURAT ETERANGAN BEBAS PLAGIASI ALFINA FAUZIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (171kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah siswa pada pembelajaran IPA konsep siklus air dengan menggunakan model pembelajaran RADEC. Hal ini dilatar belakangi karena seringnya guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPA sehingga mengakibatkan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya kemampuan kreativitas ilmiah siswa pada pembelajaran IPA terutama dalam merancang bagan siklus air. Peneliti menggunakan model pembelajaran RADEC karena model pembelajaran ini sangat berkaitan erat dengan kemampuan kreativitas ilmiah karena pada tahap akhir model pembelajaran ini terdapat tahap create yang berarti mencipta. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 21 siswa. Penelitian ini, terdapat dua dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Sepanjang proses dua siklus tersebut peneliti mendapatkan nilai dari kemampuan kreativitas ilmiah siswa dalam merancang bagan siklus air selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran RADEC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan kreativtas ilmiah siswa hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata pada setiap siklus dan pertemuannya. Nilai siklus I pertemuan pertama memperoleh rata-rata 2,17 dengan kategori kurang baik dan untuk pertemuan ke-dua memperoleh rata-rata 2,66 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan pertama memperoleh rata-rata 3,37 cukup dan pertemua kedua memperoleh rata-rata 3,95 baik. Dari perolehan rata-rata yang selalu meningkat pada setiap pertemuannya menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran RADEC, Kreativitas Ilmiah |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 02:37 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:37 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4939 |
Actions (login required)
View Item |