FARIHAH, FIRNA NAHWA (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS LIFE SKILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KECEPATAN PADA SISWA KELAS V SDN MRANGGON LAWANG I. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Download (67kB) | Preview |
|
Text
7. Daftar Isi FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (68kB) |
||
|
Text
11. ABSTRAK FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Download (66kB) | Preview |
|
Text
12. BAB I FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (149kB) |
||
Text
13. BAB II FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (341kB) |
||
Text
14. BAB III FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (395kB) |
||
Text
15. BAB IV FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (714kB) |
||
Text
16. BAB V FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (180kB) |
||
Text
17. Daftar Pustaka FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (222kB) |
||
Text
19. SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI FIRNA NAHWA FARIHAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (158kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Mranggon Lawang 1 dalam pokok bahasan kecepatan rendah, karena siswa hanya menggunakan satu bahan ajar yang menekankan pada aspek kognitif serta diharuskan untuk mempelajari materi yang tidak sesuai dengan karakteristik mereka. Oleh karena itu peneliti melakukan pengembangan modul berbasis life skill yang memperhatikan keseimbangan antara aspek kognitif, psikomotorik dan efektif serta disesuaikan dengan karakter siswa yang dibekali dengan kecakapan hidup. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul berbasis life skill yang teruji kepraktisan, kevalidan, keefektifan, kemenarikan berdasarkan penilaiain dari ahli media, materi, praktisi pembelajaran dan respon peserta didik. Dengan adanya penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah divariasi. Langkah-langkah yang digunakan meliputi : 1) studi pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan (desain produk, validasi produk dan uji coba produk), 4) produk akhir. Studi pendahuluan meliputi studi pustaka dan survei lapangan, Perencanaan meliputi analisis struktur materi, perumusan indikator pencapaian produk. Pengembangan yang dilakukan diawali desain produk, validasi produk, uji coba skala kecil, uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, praktisi pembelajaran serta angket respon siswa. Hasil penelitian berdasarkan validasi materi mencapai 90,6% dan validasi ahli media mencapai 87,5%. Hasil rata-rata angket kepraktisan mencapai 87,5% dan hasil angket kemenarikan siswa mencapai presentase 89% dalam uji coba skala kecil. Sedangkan untuk uji coba skala besar tingkat kepraktisan modul mencapai 94%, tingkat kemenarikan 91% dan hasil evaluasi atau presentase keefektifan mencapai 85% tuntas belajar 15% belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian, Pengembangan modul kecepatan berbasis life skill telah valid, menarik, efektif dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu media dikatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Life Skill, Kecepatan |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:24 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 03:24 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4941 |
Actions (login required)
View Item |