SILVIANA, IKA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA MATERI RAGAM KEARIFAN LOKAL DI INDONESIA KELAS IV SD NAMIRA KRAKSAAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1 Cover Skripsi IKA SILVIANA.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI IKA SILVIANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (214kB) |
||
|
Text
11 Abstrak IKA SILVIANA.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text
12 BAB 1 IKA SILVIANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (321kB) |
||
Text
13 BAB 2 IKA SILVIANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (468kB) |
||
Text
14 BAB 3 IKA SILVIANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (367kB) |
||
Text
14 BAB 4 IKA SILVIANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (820kB) |
||
Text
16 BAB 5 IKA SILVIANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (192kB) |
||
Text
17 Daftar Pustaka IKA SILVIANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (397kB) |
||
Text
19 Surat Keterangan Bebas plagiasi IKA SILVIANA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (154kB) |
Abstract
Penelitia ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan sebuah produk bahan ajar, dan juga untuk mengetahui tingkat keefektifan dan kevalidan bahan ajar berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada materi ragam kearifan lokal di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengguanakan model ADDIE. Model ADDIE ini memiliki 5 langkah-langkah dalam tahapannya, yaitu: 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV peserta didik SD Namira Kraksaan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu angket, yang di berikan kepada validator yaitu ahli materi/isi, ahli media, guru kelas, dan peserta didik. Hasil penelitian uji coba produk yang telah peneliti lakukan kepada ahli materi/ isi dan ahli media jika di rata-rata mendapatkan nilai 90,46 yang berada pada tingkat Sangat valid. Jika dijabarkan yaitu ahli materi/isi mendapatkan nilai 88,75% dan ahli media mendapatkan nilai 92,18%. Berdasarkan uji coba lapangan, perolehan nilai dari guru kelas IV memperoleh nilai sebesar 87,5% hasil ini termasuk dalam kategori efektif dan valid. Jika dilihat dari skala kecil tingkat keefektifan mencapai nilai 91,3% dan tingkat kevalidan mencapai nilai 98%. Dan jika dilihat berdasarkan skala bersar tingkat keefektifan mencapai nilai 89% dan tingkat kevalidan mencapai nilai 90%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan Bahan Ajar ini merupakan sebuah alat atau bahan yang dapat membantu guru dalam menjelaskan suatu materi. Bahan Ajar ini juga di berikan kepada guru kelas untuk di gunakan saat pembelajaran tema kearifan lokal dalam mata pelajaran IPAS bisa digunakan. Saran untuk Membangun penelitian ini dapat di kembangkan lebih lanjut, agar dapat mengembangkan bahan ajar ataupun tema kearifan lokal ini lebih luas dan menggunakan bahan ajar lain nya, untuk meningkatkan semanagat belajar peserta didik agar tidak terlihat membosankan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5, dan Kearifan Lokal |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:15 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:15 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4943 |
Actions (login required)
View Item |