AZIZAH, SOFIATUL (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SDN AMBULU 1 SUMBERASIH. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER SKRIPSI SOFIATUL AZIZAH .pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
7 DAFTAR ISI SOFIATUL AZIZAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (234kB) |
||
|
Text
11 ABSTRAK SOFIATUL AZIZAH .pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
12 BAB I SOFIATUL AZIZAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (192kB) |
||
Text
13 BAB II SOFIATUL AZIZAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (335kB) |
||
Text
14 BAB III SOFIATUL AZIZAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (286kB) |
||
Text
15 BAB IV SOFIATUL AZIZAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (493kB) |
||
Text
16 BAB V SOFIATUL AZIZAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (280kB) |
||
Text
17 BAB VI SOFIATUL AZIZAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (90kB) |
||
Text
18 DAFTAR PUSTAKA SOFIATUL AZIZAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (230kB) |
||
Text
20 SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI SOFIATUL AZIZAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (240kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) yang menggunakan media digital storytelling untuk meningkatkan kreativitas siswa di kelas V SDN Ambulu 1. Berdasarkan pada pengamatan, tampak bahwa kurangnya antusiasme peserta didik sehingga sulit menciptakan kelas yang kondusif dan pemahaman materi yang didapatkan kurang maksimal. Mereka juga kurang mendengarkan saat guru memaparkan materi karena guru hanya menggunakan metode ceramah. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Tindakan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) yang menggunakan media digital storytelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran PJBL dengam menggunakan media digital storytelling dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil nilai yang dicapai pada setiap kegiatan. Pada siklus I pertemuan pertama diketahui 2,16 dengan kategori kurang baik dan pertemuan kedua 2,93 dengan kategori cukup baik sehingga rata-rata dari keduanya diperoleh 2,54 kategori cukup baik. Sedangkan siklus II pada pertemuan pertama 3,35 dengan kategori cukup baik dan pertemuan kedua diketahui 3,70 kategori baik sehingga rata-rata keduanya diketahui 3,52 kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PJBL menggunakan media digital storytelling terhadap kreativitas siswa berhasil. Disamping memberikan kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan minat siswa, pembelajaran kreativitas juga dapat mencapai tujuan belajar secara totalitas
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PJBL, Digital storytelling, Kreativitas |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:49 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:49 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4951 |
Actions (login required)
View Item |