PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GADING KULON 02 KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO

MANSURI, WASIK (2024) PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GADING KULON 02 KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI WASIK MANSURI .pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
7. Daftar Isi WASIK MANSURI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK WASIK MANSURI .pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
bab 1 WASIK MANSURI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (184kB)
[img] Text
bab 2 WASIK MANSURI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (282kB)
[img] Text
bab 3 WASIK MANSURI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (549kB)
[img] Text
bab 4 WASIK MANSURI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (400kB)
[img] Text
bab 5 WASIK MANSURI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN WASIK MANSURI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (156kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI WASIK MANSURI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (318kB)

Abstract

Hasil Observasi awal di SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas V guru masih dilakukan secara konvensional. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 55 dan masih terdapat 19 siswa (90,5%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM di Kelas V SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo , (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo . Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggrat, meliputi 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo dengan subyek siswa kelas V sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PAIKEM pada pembelajaran IPA siswa kelas V dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan setiap indikatornya telah mengalami peningkatan dari 92 dan meningkat menjadi 97. Hal ini terbukti dari dari rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 77 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran PAIKEM, hasil belajar, IPA
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:11
Last Modified: 29 Oct 2024 04:11
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4952

Actions (login required)

View Item View Item