MANSURI, WASIK (2024) PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GADING KULON 02 KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1 COVER SKRIPSI WASIK MANSURI .pdf Download (18kB) | Preview |
|
Text
7. Daftar Isi WASIK MANSURI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (158kB) |
||
|
Text
6 ABSTRAK WASIK MANSURI .pdf Download (11kB) | Preview |
|
Text
bab 1 WASIK MANSURI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (184kB) |
||
Text
bab 2 WASIK MANSURI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (282kB) |
||
Text
bab 3 WASIK MANSURI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (549kB) |
||
Text
bab 4 WASIK MANSURI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (400kB) |
||
Text
bab 5 WASIK MANSURI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (159kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN WASIK MANSURI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (156kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI WASIK MANSURI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (318kB) |
Abstract
Hasil Observasi awal di SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas V guru masih dilakukan secara konvensional. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 55 dan masih terdapat 19 siswa (90,5%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM di Kelas V SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo , (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo . Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggrat, meliputi 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo dengan subyek siswa kelas V sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PAIKEM pada pembelajaran IPA siswa kelas V dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan setiap indikatornya telah mengalami peningkatan dari 92 dan meningkat menjadi 97. Hal ini terbukti dari dari rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 77 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran PAIKEM, hasil belajar, IPA |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 04:11 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 04:11 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4952 |
Actions (login required)
View Item |