RACHMAWATI, IZZA ARRUMI (2024) PENERAPAN METODE ADABTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN MAYANGAN 4 KOTA PROBOLINGGO PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TENTANG MATERI KENAMPAKAN ALAM. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
Cover IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (97kB) |
||
|
Text
Abstrak IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
Bab I IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (181kB) |
||
Text
Bab II IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (142kB) |
||
Text
Bab III IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (118kB) |
||
Text
Bab IV IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (191kB) |
||
Text
Bab V IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (125kB) |
||
Text
Bab VI IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (121kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (176kB) |
||
Text
Surat Keterangan Bebas Plagiasi IZZA ARRUMI RACHMAWATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (578kB) |
Abstract
Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran. Metode yang digunakan seorang pendidik sangat menentukan keberhasilan proses belajar dan menentukan hasil belajar siswa yang lebih baik. Tetapi dalam hal ini masih banyak pendidik yang kurang dapat menyesuaikan metode pembelajaran dengan kondisi kelas yang akan diajarkan. Sehingga, kemampuan siswa untuk dapat mengerti pemahaman yang dopaparkan oleh guru sangat rendah dan penilaian hasil belajar yang di dapat tidak tergolong ketuntasan kriteria minimal yang ditentukan sekolah. Untuk dapat memperbaiki hal tersebut kita dapat menerapkan metode adabta (amati, dengar, baca dan ceritakan ulang). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV dengan jumlah 12 orang siswa. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode adabta pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial tentang materi kenampakan alam. Temuan penelitian ini sebagai berikut (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode adabta. (2) meningkatkan nilai rata – rata siswa kelas IV dari siklus I berjumlah 65 ke siklus II berjumlah 80,83 dengan kriteria ketuntasan minimal 70 yang telah ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode adabta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Mayangan 4 Kota Probolinggo pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial tentang materi kenampakan alam.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Adabta, Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 03:04 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 05:28 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4956 |
Actions (login required)
View Item |