PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KELAS X IPS DI MA RIYADLUS SHOLIHIN KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SARI, ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI (2020) PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KELAS X IPS DI MA RIYADLUS SHOLIHIN KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text
BAB I ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (230kB)
[img] Text
BAB II ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (209kB)
[img] Text
BAB III ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (395kB)
[img] Text
BAB V ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (99kB)
[img] Text
BAB VI ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ARIESTYA LUKITA ARDIYANTI SARI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (86kB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha dalam mencapai suatu proses pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas siswa, agar dapat mempunyai potensi yang dapat dikembangkan dengan baik dalam dirinya. Kurangnya minat belajar siswa di dalam kelas dikarenakan penggunaan metode mengajar yang tidak sesuai atau kurang tepat terhadap siswa. Model pembelajaran Cooperative Script merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Kelompok dipilih secara heterogenitas peserta didik dengan acuan nilai dari masing-masing peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui hasil penerapan metode Cooperative Script pada pembelajaran PPKn untuk meningkatkan minat belajar pada siswa kelas X IPS di MA Riyadlus Sholihin., 2). Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaraan Cooperative Script pada mata pelajaran PPKn pada kelas X IPS MA Riyadlus Sholihin., 3). Untuk mengetahui kendala dan upaya dalam penerapan metode Cooperative Script pada pembelajaran PPKn di Ma Riyadlus Sholihin. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan suatu pencernaan terhadap kegiatan belajar berupa suatu tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Penelitian ini disebut sebagai pendekatan kualitatif karena data yang digunakan bersifat kualitatif, yaitu merupakan tindakan atau pemikiran terhadap objek tertentu. Proses perencaraan pembelajaran dalam penelitian ini melalui metode Cooperative Script, yang terdiri dari 2 siklus dan 4 kali pertemuan. Siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan Siklu 2 terdiri dari 2 pertemuan, menyusun instrument observasi untuk mengamati siswa dalam kegiatan belajar. Proses pelaksanaan evaluasi atau refleksi dalam pembelajarn ini dilakukan pada setiap akhir siklus. Penilaian ini dilakukaan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menggunakan metode cooperative script dan meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS di MA Riyadlus Sholihin.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Cooperative Script
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2025 08:22
Last Modified: 11 Jan 2025 08:22
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5051

Actions (login required)

View Item View Item