NINGSIH, SULISTINA (2016) PENGARUH SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII WONOREJO MARON TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1 COVER SKRIPSI SULISTINA NINGSIH .pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text
9 DAFTAR ISI SULISTINA NINGSIH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (80kB) |
||
|
Text
7 ABSTRAK SULISTINA NINGSIH .pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
10 BAB I SULISTINA NINGSIH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (147kB) |
||
Text
11 BAB II SULISTINA NINGSIH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (158kB) |
||
Text
13 BAB III SULISTINA NINGSIH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (238kB) |
||
Text
14BAB IV SULISTINA NINGSIH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (421kB) |
||
Text
15 BAB V SULISTINA NINGSIH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (256kB) |
||
Text
16 Daftar Pustaka SULISTINA NINGSIH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (7kB) |
Abstract
Sarana dan prasarana pendidikan sebagai salah satu penunjang keberhasilan pendidikan, seringkali menjadi kendala dalam proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah, khususnya di SMP Hidayatul Muta’allimin Wonorejo Maron Probolinggo. Kendala-kendala yang dihadapi oleh sekolah tersebut antara lain adalah adanya penyediaan sarana yang belum memadai atau lengkap dan kondisi prasarana yang ada sudah tidak baik, yang disebabkan karena minimum atau kurangnya dana yang di salurkan. Akan tetapi, yang menarik untuk diteliti adalah bagaimana pengaruh sarana prasarana sekolah yang bersifat fisik yang telah tersedia dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di SMP Hidayatul Muta’allimin Wonorejo Maron Probolinggo. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk menyusun sebuah karya ilmiah dalam bentuk skripsi dengan judul : ”Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII di SMP Hidayatul Muta’allimin Wonorejo Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/ 2015”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII di SMP Hidayatul Muta’allimin Wonorejo Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan deskriptif analisis. Populasi dari penelitian ini adalah semuasiswa kelas VIII SMP Hidayatul Muta’allimin Wonorejo Maron Probolinggo yang keseluruhan berjumlah 25 Siswa. Dari hasil penelitian dan analisa data tentang Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII di SMP Hidayatul Muta’allimin Wonorejo Maron dapat disimpulkan bahwa hasil uji penelitian di atas yaitu rxy 0,97 dapat diketahui bahwa berada diantara 0,90 - 1,00 yang menyatakan korelasi positif yang sangat kuat, maka apabila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r hitung dan r tabel berarti Ada Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII di SMP Hidayatul Muta’allimin Wonorejo Maron, karena r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,97 > 0,396 dengan taraf signifikan 5%. vii Merujuk dari hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa terbukti ada hubungan yang signifikan antara Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII di SMP Hidayatul Muta’allimin Wonorejo Maron Tahun Pelajaran 2014 / 2015.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sarana dan Prasarana Sekolah, Motivasi Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 03:32 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 03:32 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5072 |
Actions (login required)
View Item |