ROSYIDAH, MAR’ATUR (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN BANYUANYAR LOR KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Download (242kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (166kB) |
|
|
Text
ABSTRAK MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Download (354kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (394kB) |
|
![]() |
Text
BAB II MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (344kB) |
|
![]() |
Text
BAB III MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (8MB) |
|
![]() |
Text
BAB IV MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (795kB) |
|
![]() |
Text
BAB V MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (250kB) |
|
![]() |
Text
BAB VI MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (160kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (152kB) |
|
![]() |
Text
SURAT KETERANGAN PERNYATAAN KEASLIAN MAR’ATUR ROSYIDAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (174kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan terhadap SDN Banyuantar Lor Kabupaten Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dapatkah penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di SDN Banyuanyar Lor Kabupaten Probolinggo dan mengetahui penerapan strategi Index Card Match pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Banyuanyar Lor Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SDN Banyuanyar Lor Kabupaten Probolinggo kelas IV yang terdiri dari 24 siswa dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 12 orang dan siswi perempuan 12 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini skor pekerjaan secara individu dan kelompok, pertanyaan verbal siswa dan guru, hasil observasi, dan catatan lapangan dari kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan peneliti adalah mengggunkan Analisis Deskriptif Komparatif, yaitu dengan menggambarkan data yang telah terkumpul dan membandingkan antara hasil nilai uji tes pada kondisi awal sebelum perbaikan dengan hasil nilai yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus pertama. Berdasarkan uraian hasil pelaksanaan tindakan sebanyak 2 siklus dalam pembelajaran IPA, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA pokok bahasan Hubungan Sumber Daya Alam dan Jenis-jenis Pekerjaan menggunakan strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 91,66% pada siklus 2, dimana angka tersebut sangat signifikan dibanding tingkat ketuntasan belajar pra siklus yaitu 37,5%
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Index Card Match, IPA |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 04:04 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 04:04 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |