ZAINURI, DICKY RIZAL (2024) PERAN GURU PPKN DALAM PENGUATAN KARAKTER INTEGRITAS SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI SMPN 2 SUMBERASIH. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER NEW DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Download (63kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Skripsi Daftar Isi DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (15kB) |
|
|
Text
Skripsi Abstrak DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Bab 1 DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (178kB) |
|
![]() |
Text
Bab 2 DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (340kB) |
|
![]() |
Text
Bab 3 DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (215kB) |
|
![]() |
Text
Bab 4 DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (480kB) |
|
![]() |
Text
Bab 5 DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (169kB) |
|
![]() |
Text
Daftar Pustaka DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (127kB) |
|
|
Text
surat keterangan bebas plagiasi DICKY RIZAL ZAINURI.pdf Download (365kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying, untuk mengetahui dampak-dampak bullying, dan untuk mengetahui peran guru ppkn dalam penguatan pendidikan karakter siswa sebagai upaya pencegahan bullying di SMP Negri 2 Sumberasih. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana bentuk-bentuk perilaku bullying, bagaimana dampak adanya bullying terhadap motivasi belajar siswa, bagaimana peran guru ppkn dalam upaya pencegahan bullying. Penelitian ini dilatar belakangi oleh bullying adalah tindakan negatif dengan cara menyakiti yang sering dilakukan, dimana tindakan tersebut dilakukan dengan sengaja dengan tujuan untuk melukai dan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peneliti menemukan adanya perilaku bullying yang sering terjadi di sekolah dan di lingkungan sekolah. Aksi bullying ini merugikan korban hingga mempengaruhi psikisnya. Perilaku bullying bertentangan dengan UUD 1945 pasal 28B ayat 2 berbunyi, “Menyatakan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang, serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”. Dampak adanya bullying terhadap siswa dapat menghancurkan semangat dan motivasi siswa dan terutama menciptakan situasi belajar yang tidak nyaman. Motivasi belajar siswa sangatlah penting, karena motivasi merupakan sebuah perilaku yang memberi semangat belajar, arah, dan kegigihan perilaku. Dapat disimpulkan bahwa perilaku bullying menghancurkan motivasi belajar siswa di sekolah. Peran guru PPKn dalam pembelajaran sangatlah diperlukan, sebab merupakan kunci utama terhadap kesuksesan pendidikan, selain itu juga sebagai penyalur pengetahuan dan pengalamannya, memberikan ketauladanannya, tetapi juga diharapkan mampu menginspirasi anak didiknya agar mereka dapat mengembangkan potensi diri dan memiliki akhlak yang baik. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti tentang peran guru PPKn dalam mencegah adanya perilaku bullying sangatlah penting, karena guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PPKn, Karakter Integritas, Bullying |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:12 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:12 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |