PENERAPAN MEDIA KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN TULUPARI KAB. PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019

WAHYUNI, LULUK (2018) PENERAPAN MEDIA KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN TULUPARI KAB. PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. COVER LULUK WAHYUNI .pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
9. DAFTAR ISI LULUK WAHYUNI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK LULUK WAHYUNI .pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
BAB I LULUK WAHYUNI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (30kB)
[img] Text
BAB II LULUK WAHYUNI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (77kB)
[img] Text
BAB III LULUK WAHYUNI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV LULUK WAHYUNI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (191kB)
[img] Text
BAB V LULUK WAHYUNI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LULUK WAHYUNI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kantong bilangan pada mata pelajaran matematika di kelas III SDN Tulupari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018-2019. Hasil penenelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran. Dengan aktivitas guru pada siklus I mencapai 50%. Meningkat pada siklus II mencapai 86%. Begitupun dalam peningkatan pada motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, peningkatan setiap aspek keaktifan dapat dilihat dari siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut terbukti dari motivasi belajar siswa ditunjukkan dari perolehan nilai siswa pada siklus I terdapat 5 siswa (50%) yang belum tuntas dan 5 siswa (50%) sudah tuntas dengan rata-rata 70,5. Meningkat pada siklus II terdapat 1 siswa (10%) yang belum tuntas dan 9 siswa (90%) sudah tuntas dengan rata-rata 82,3. Dari hasil belajar kognitif siswa ditunjukkan dari perolehan siklus I terdapat 3 siswa (30%) yang belum tuntas dan 7 siswa (70%) sudah tuntas dengan rata-rata 66,1. Meningkat pada siklus II yaitu seluruh siswa (100%) sudah tuntas dengan rata-rata 84,8. Dari hasil observasi afektif siswa ditunjukkan dari perolehan siklus I terdapat 5 siswa (50%) yang belum tuntas dan 5 siswa (50%) sudah tuntas dengan rata-rata 66,1. Meningkat pada siklus II terdapat 1 siswa (10%) yang belum tuntas dan 9 siswa (90%) sudah tuntas dengan rata-rata 83,5. Dan hasil observasi psikomotor siswa ditunjukkan dari perolehan siklus I terdapat 3 siswa (30%) yang belum tuntas dan 7 siswa (70%) sudah tuntas dengan rata-rata 71,4. Meningkat pada siklus II yaitu seluruh siswa (100%) sudah tuntas dengan rata-rata 86,8.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Media Kantong Bilangan
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2025 06:13
Last Modified: 03 May 2025 06:13
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5325

Actions (login required)

View Item View Item