PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERORIENTASI INTERPERSONAL INTELLIGENCE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ZANNAH, VIA ANGGRAENI MIFTAHUL (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERORIENTASI INTERPERSONAL INTELLIGENCE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. COVER VIA ANGGRAENI MIFTAHUL ZANNAH .pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI NEW VIA ANGGRAENI MIFTAHUL ZANNAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK VIA ANGGRAENI MIFTAHUL ZANNAH .pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
10. BAB I VIA ANGGRAENI MIFTAHUL ZANNAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (155kB)
[img] Text
11. BAB II VIA ANGGRAENI MIFTAHUL ZANNAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (197kB)
[img] Text
12. BAB III VIA ANGGRAENI MIFTAHUL ZANNAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (304kB)
[img] Text
13. BAB IV VIA ANGGRAENI MIFTAHUL ZANNAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (178kB)
[img] Text
14. BAB V VIA ANGGRAENI MIFTAHUL ZANNAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (120kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA VIA ANGGRAENI MIFTAHUL ZANNAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (91kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan, tampak bahwa antusiasme siswa bersosialisasi dengan teman sebaya serta etika mereka kepada guru sangat sesuai dengan seharusnya. Terbukti dengan rawannya perselisihan bahkan perkelahian antar sesamanya. Selain itu, mereka juga enggan menyapa, hormat atau bahkan bersalaman dengan guru yang ada didekat mereka. Interpersonal Intelligence memungkinkan kita untuk bisa memahami berkomunikasi dengan orang lain, melihat perbedaan dalam emosi, motivasi, dan kemampuan. Termasuk juga kemampuan untuk membentuk dan juga menjaga hubungan, serta mengetahui berbagai perasaan yang terdapat dalam suatu kelompok, baik sebagai anggota maupun sebagai pemimpin. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, tujuan penelitan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran Role Playing berorientasi Interpersonal Intelligence yang mempunyai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan kemenarikan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Pada metode penelitian pengembangan ini akan menjelaskan tentang : (1). model pengembangan, (2). prosedur pengembangan, (3). uji coba produk yang di dalamnya terdapat desain uji coba, subjek uji coba, jenis data, pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil analisis kevalidan yang diperoleh saat validasi materi dan validasi model terletak pada rentangan prosentase 75% sampai 100% yaitu pada presentase 87,5% . Sehingga model pembelajaran yang telah dikembangkan dikatakan valid atau layak digunakan sebagai alternatif dan variasi pada pembelajaran tematik di Kelas IV. Hasil uji coba kepraktisan pada guru mencapai 80%, dan hasil ujicoba kepada peserta didik menunjukkan respon yang baik yaitu 94%. Sehingga rata-rata uji kepraktisan keseluruhan mencapai 87%. Hasil ujicoba kemenarikan pada peserta didik menunjukkan respon yang baik yaitu 94%. Berdasarkan hasil kevalidan, kepraktisan, dan kemenarikan, dapat diketahui bahwa Model Pembelajaran Role Playing berorientasi Interpersonal Intelligence pada Kelas IV di SDN Kalirejo 2 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model Pembelajaran, Role Playing, Interpersonal Intelligence, Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2025 03:21
Last Modified: 15 May 2025 03:21
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item