NURHAMIMAH, DEWI (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN KARTU DOMINO DI KELAS 2 SDN WIROBORANG III TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1.COVER DEWI NURHAMIMA.pdf Download (232kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR IS baru DEWI NURHAMIMA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (11kB) |
|
|
Text
ABSTRAK baru DEWI NURHAMIMA .pdf Download (13kB) | Preview |
|
![]() |
Text
4. BAB I DEWI NURHAMIMA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (433kB) |
|
![]() |
Text
5. BAB II DEWI NURHAMIMA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (449kB) |
|
![]() |
Text
6. BAB III DEWI NURHAMIMA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (471kB) |
|
![]() |
Text
7. BAB IV DEWI NURHAMIMA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (772kB) |
|
![]() |
Text
8. BAB V DEWI NURHAMIMA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (284kB) |
|
![]() |
Text
11 DAFTAR PUSTAKA NEW DEWI NURHAMIMA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (9kB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi dengan kurangnya kemampuan operasi hitung siswa menggunakan metode permainan kartu pada pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti , ketika siswa diberi kesempatan untuk berhitung masih banyak siswa yang belum bisa menghafalkan perkalian sebagai penjumlahan berulang dan pembagian sebagai pengurangan berulang. Serta kurangnya partisipasi siswa saat belum faham tentang berhitung Atau memberi pertanyaan saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode permainan kartu domino dan didapat permasalahan yakni: (1)Bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika tentang operasi hitung dalam metode permainan kartu domino dikelas 2 SDN Wiroborang 3? (2) Apakah penggunaan metode permainan kartu domino dapat meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dalam mata pelajaran Matematika bagi siswa kelas II SDN Wiroborang 3? Metode penelitian ini dalam penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kooperatif Tipe TGT(Team Games Tournament) dan dilaksanakan II siklus. Desain Penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart.Pada setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes tertulis dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) untuk mengetahui penerapan metode permainan kartu domino dalam pembelajaran matematika tentang Operasi Hitung 2) untuk meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dalam mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan kartu domino. Hal ini dapat di tunjukan peningkatan kemampuan operasi hitung pada siklus I dengan peningkatan persentase ketuntasan pada pertemuan I(59%) dan pertemuan ke II(72%) sedangkan siklus II pada pertemuan I (83%) dan pertemuan ke II (90%). Pada hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa siklus 1 pertemuan 1 aktivitas guru (66) aktivitas siswa (64) serta pada pertemuan 2 aktivitas guru (66) aktivitas siswa (64) sementara pada siklus II pertemuan 1 aktivitas guru (92,5) aktivitas siswa (64) serta pada pertemuan 2 aktivitas guru (73) aktivitas siswa (67).
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Permainan Kartu Domino ,Kemampuan Operasi Hitung, Matematika |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:33 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:33 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |