ANALISISCOST VOLUME PROFITUNTUK MENINGKATKAN LABA (Studi Kasus pada UKM Abon Hj. Sun Karangpranti Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo)

SUBAIDA, (2018) ANALISISCOST VOLUME PROFITUNTUK MENINGKATKAN LABA (Studi Kasus pada UKM Abon Hj. Sun Karangpranti Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. COVER NEW SUBAIDA.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
7. DAFTAR ISI SUBAIDA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
13. ABSTRAK SUBAIDA.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text
14. BAB 1 SUBAIDA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (91kB)
[img] Text
15. BAB II SUBAIDA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (267kB)
[img] Text
16. BAB III SUBAIDA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (116kB)
[img] Text
17. BAB IV SUBAIDA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (217kB)
[img] Text
18. BAB V SUBAIDA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (72kB)
[img] Text
19. DAFTAR PUSTAKA SUBAIDA.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil studi kasus pada UKM Abon Hj. Sun Karangpranti Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Hasil produksi UKM tersebut adalah Abon Ayam, Abon Sapi, dan Abon Kluwih. UKM Abon Hj. Sun selama ini belum menerapkan analisis perhitungan biaya, volume, dan laba. Hal ini menyebabkan UKM tidak mengetahui volume penjualan yang harus terjual agar UKM tidak berada dalam titik impas maupun volume penjualan untuk mencapai target laba yang diinginkan UKM. Tujuanpenelitian ini adalah untuk menganalisis Cost-Volume-Profit sebagai alat bantu perencanaan laba guna memperoleh laba optimal pada UKM Abon Hj. Sun. Metode analisis yang diguanakan dalam penelitian ini adalah analisis Cost-Volume-Profit yang meliputi analisis CM, BEP, MOS, OL dan target laba. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah mengenai data biaya-biaya, dan data penjualan (pendapatan) selama 3 Tahun terakhir yaitu tahun 2015-2017. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap penjualan dan biaya pada UKM ditemukan bahwa contribution margin pada tahun 2015 sebesar Rp. 38.631.600, tahun 2016 sebesar Rp. 85.706.400, dan tahun 2017 sebesar Rp. 206.101.500. perhitungan break even point diperoleh angka Rp. 27.572.619 untuk tahun 2015, Rp. 53.878.205 untuk tahun 2016, dan Rp. 120.744.048 untuk tahun 2017. MOS untuk tahun 2015 sebesar Rp. 63.327.381, tahun 2016 sebesar Rp. 163.321.795, dan tahun 2017 sebesar Rp. 374.255.952. Operating leverage tahun 2015 diperoleh 1,42 untuk abon ayam dan 1,44 untuk abon sapi, operating tahun 2016 diperoleh 1,34 untuk abon ayam dan 1,31 untuk abon sapi. Operating leverage tahun 2017 diperoleh 1,32 untuk abon ayam, 1,34 untuk abon sapi dan 1,32 untuk abon kluwih.UKM menargetkan kenaikan laba sebesar 20% dari laba tahun sebelumnya, diperoleh perhitungan sebesar Rp. 183.586.800. dari hasil tersebut dilakukan perhitungan terhadap tingkat penjualan yang harus dicapai dalam menunjang perencanaan laba yang ditargetkan. Perhitungan tersebut sebesar Rp. 562.855.476. dengan asumsi bahwa harga jual dan biaya cenderung tetap atau tidak berubah.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Biaya, Volume, dan Laba, Perencanaan Laba.
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Divisions: S1 Akuntansi
Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2025 06:37
Last Modified: 13 Oct 2025 06:37
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item