PRAYOGI, ADELIA MEIRA WIDIRINI (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBASIS KARTU PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS III SDN BRUMBUNGAN LOR. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. Cover ADELIA MEIRA WIDIRINI PRAYOGI .pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Isi ADELIA MEIRA WIDIRINI PRAYOGI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (71kB) |
||
|
Text
11. Hal Abstrak ADELIA MEIRA WIDIRINI PRAYOGI .pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
12. Bab 1 ADELIA MEIRA WIDIRINI PRAYOGI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (198kB) |
||
|
Text
13. Bab 2 ADELIA MEIRA WIDIRINI PRAYOGI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (212kB) |
||
|
Text
14. Bab 3 ADELIA MEIRA WIDIRINI PRAYOGI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (365kB) |
||
|
Text
15. Bab 4 ADELIA MEIRA WIDIRINI PRAYOGI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (519kB) |
||
|
Text
16. Bab 5 ADELIA MEIRA WIDIRINI PRAYOGI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (36kB) |
||
|
Text
19. Surat Keterangan Bebas Plagiasi ADELIA MEIRA WIDIRINI PRAYOGI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan dan efektivitas model pembelajaran STAD dengan media kartu pertanyaan untuk meningkatkan kemampuan proses sains siswa kelas III SD Brumbungan Lor dalam mata pelajaran IPAS. Tujuannya adalah menciptakan pembelajaran yang menarik dan relevan dengan materi serta tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk mengetahui peningkatan kemampuan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II. Pada Siklus I, hanya 10 dari 17 siswa yang mencapai rata-rata di atas 70%, dengan rata-rata hasil belajar kelas sebesar 64,41%. Namun, pada Siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80%, yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mencapai nilai ketuntasan belajar. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dengan media kartu pertanyaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan model STAD dengan media kartu pertanyaan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Pada Siklus I, persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 64,41%, namun pada Siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dengan media kartu pertanyaan merupakan salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan proses sains siswa dalam mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi guru dan peneliti lain untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
| Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan proses sains, STAD, kartu pertanyaan |
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Divisions: | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Admin Perpustakaan |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 09:09 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 09:09 |
| URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
