PARAMITHA, GERALDA (2019) PENGARUH KAMPANYE PARTAI POLITIK MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) TERHADAP OPINI PUBLIK DI KALANGAN MAHASISWA PADA PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019 (Studi Kasus Pada Mahasiswa FISIP Universitas Panca Marga). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI GERALDA PARAMITHA.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI GERALDA PARAMITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (91kB) |
||
Text
RINGKASAN GERALDA PARAMITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (91kB) |
||
Text
BAB 1 GERALDA PARAMITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (178kB) |
||
Text
BAB 2 GERALDA PARAMITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (393kB) |
||
Text
BAB 3 GERALDA PARAMITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (406kB) |
||
Text
BAB 4 GERALDA PARAMITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
BAB 5 GERALDA PARAMITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (154kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA GERALDA PARAMITHA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (155kB) |
Abstract
Kampanye partai politik merupakan sarana komunikasi dan pendidikan politik bagi rakyat. Tujuannya guna menyatakan suatu kebenaran tentang isu tertentu yang berkaitan dengan pemilihan umum yang di usung oleh partai. Melalui kampanye, partai dapat menyampaikan informasi dan gagasannya agar disukai masyarakat. Kampanye partai politik dilakukan lima tahun sekali untuk mewujudkan hak asasi politik masyarakat, serta mengajak masyarakat yang berkompeten untuk terlibat dalam bidang politik. Rakyat berperan utama dalam mempengaruhi elektabilitas suatu partai dan kepala daerah yang diusung oleh partai. Dalam hal mempengaruhi pemilihnya strategi kampanye yang dilakukan oleh para calon kandidat pilpres salah satunya menggunakan media sosial khususnya Instagram, dimana Instgram merupakan akun media sosial yang paling banyak digemari oleh mahasiswa sehingga mahasiswa dapat dapat mengetahu informasi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kampanye partai politik melalui media sosial (instagram) terhadap opini publik di kalangan mahasiswa pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui kuesioner secara langsung pada 103 responden, dengan daftar pertanyaan yang diturunkan dari indikator terkait variabel yang diteliti. Untuk mencapai tujuan, dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kampanye partai politik melalui media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap opini mahasiswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Politik, Kampanye Politik, Media Sosial, Opinia |
Subjects: | Fakultas Sosial dan Ilmu Politik |
Divisions: | Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 04:19 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 04:19 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/748 |
Actions (login required)
View Item |