LESTARI, ADELIA ANGGRAINI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM SUMBER ENERGI DI SD ISLAM NURURS SYAMSI. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ADELIA ANGGRAINI LESTARI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI ADELIA ANGGRAINI LESTARI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ADELIA ANGGRAINI LESTARI.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ADELIA ANGGRAINI LESTARI.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ADELIA ANGGRAINI LESTARI.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ADELIA ANGGRAINI LESTARI.pdf Download (797kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV ADELIA ANGGRAINI LESTARI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V ADELIA ANGGRAINI LESTARI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ADELIA ANGGRAINI LESTARI.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Advance Organizer terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan fokus pada macam-macam sumber energi di SDI NURUS SYAMSI. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Partisipan dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SDI NURUS SYAMSI. Penelitian dilakukan dalam satu kelompok dengan desain pretes-postes, di mana siswa diukur kemampuan awal mereka (pretes) sebelum diberikan perlakuan, yaitu Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Advance Organizer. Setelah perlakuan, siswa kemudian diukur kembali (postes) untuk melihat peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran IPA tentang macam-macam sumber energi setelah penerapan Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Advance Organizer. Metode ini membantu siswa untuk lebih memahami dan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan sebelumnya, sehingga meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi. Penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia pendidikan, khususnya dalam konteks penerapan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat Sekolah Dasar. Penggunaan Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Advance Organizer sebagai alternatif metode pembelajaran diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang macam-macam sumber energi. Meskipun penelitian ini menemukan hasil yang positif, penulis menyadari bahwa ada beberapa keterbatasan dalam penelitian ini, seperti jumlah sampel yang terbatas. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat dan menggeneralisasi temuan yang diperoleh.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Ekspositori, Advance Organizer, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Macam-macam Sumber Energi |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 02:43 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 02:43 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4246 |
Actions (login required)
View Item |