SETIANI, REZA FIPRIANTI (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MATERI MEMBACA DONGENG UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN KEDUNG CALUK 2. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA REZA FIPRIANTI SETIANI.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah minat belajar siswa yang masih rendah, dikarenakan guru hanya banyak menggunakan metode ceramah saja yang mengakibatkan 50% peserta didik masih mendapat nilai di bawah kriteria keuntasan minimum (KKM). Jenis penelitian yang dilakukan adalah pelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kedung Caluk 2 yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Data tes dianalisis menggunakan nilai ratarata persentase belajar, sedangkan data observasi pengamatan dianalisis menggunakan nilai rata-rataskor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Untuk kegiatan pembelajaran siswa siklus I dengan skor rata-rata 44 dalam kriteria cukup, pada siklus II skor rata-rata meningkat yaitu 50 dalam kriteria baik. Sedangakan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Role Playing siklus I dengan rata-rata 61,5 dengan ketuntasan belajar 46%, pada siklus II meningkat menjadi nilai rata-rata 82,6 dengan ketuntasan belajar 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dikelas III SDN Kedung Caluk 2.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing, Minat Belajar Siswa. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 03:32 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 03:32 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4259 |
Actions (login required)
View Item |