NURHASANAH, RIKA (2023) PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS DI SDN BANJARSARI 2 TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI RIKA NURHASANAH.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI RIKA NURHASANAH.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK RIKA NURHASANAH.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I RIKA NURHASANAH.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II RIKA NURHASANAH.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III RIKA NURHASANAH.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV RIKA NURHASANAH.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V RIKA NURHASANAH.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA RIKA NURHASANAH.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari guru kepada siswa sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat, serta perhatian siswa agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Permasalahan yang terjadi di SDN Banjarsari 2 pada kelas V menunjukkan bahwa banyak siswa cenderung merasa bosan, siswa terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan materi yang disampaikan sulit dipahami siswa. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul pengaruh media flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Banjarsari 2 tahun ajaran 2022/2023.Berdasarkan latar belakang masalah yang telah terjadi, maka dirumuskan “Apakah ada pengaruh media flash card terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di SDN Banjarsari 2 Tahun ajaran 2022/2023”. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan model eksperimen One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang didapatkan dari hasil penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif serta diferensial. Dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media flash card yaitu 57,61% tergolong dalam kategori rendah. Sedangkan setelah menggunakan media flash card nilai rata-rata siswa yaitu 77,61% tergolong dalam kategori sedang. Dari hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji-t, dapat diketahui nilai tHitung 7,35. Dengan frekuensi (dk) sebesar 21-1=20, pada taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel= 2,086, oleh karena itu tHitung > tTabel pada taraf signifikan 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang artinya bahwa penerapan media flash card memengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Banjarsari 2.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Flash Card, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 03:39 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 03:39 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4262 |
Actions (login required)
View Item |