PENINGKATAN KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR TAMBAHAN KIJAR (KILAT BELAJAR) PADA SISWA KELAS III SDN BANJARSARI 2 KABUPATEN PROBOLINGGO

OKTAVIYANI, NUR (2023) PENINGKATAN KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR TAMBAHAN KIJAR (KILAT BELAJAR) PADA SISWA KELAS III SDN BANJARSARI 2 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA NUR OKTAVIYANI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan belajar dan motivasi belajar siswa kelas III SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan melalui 4 tahapan yakni perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Dalam tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah kelas III SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 14 perempuan. Dalam penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 32% (hanya 10 siswa), meningkat menjadi 58% (18 siswa), hingga mencapai 87% (27 siswa). Kemudian, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal 22% (hanya 7 siswa), meningkat menjadi 48% (15 siswa), hingga mencapai 83% (26 siswa). Maka dengan ini dapat disimpulkan bahwa program bimbingan belajar tambahan KIJAR (Kilat Belajar) dapat meningkatkan kesiapan belajar dan motivasi belajar pada siswa kelas III SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Bimbingan Belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:00
Last Modified: 25 Apr 2024 04:00
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4777

Actions (login required)

View Item View Item