PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS III MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN JATIURIP 1 KABUPATEN PROBOLINGGO

HIKMAH, YUNI LUTFIATUN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS III MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN JATIURIP 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA YUNI LUTFIATUN.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative script pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jatiurip 1 Kabupaten Probolinggo. (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jatiurip 1 Kabupaten Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang berorientasi pada penerapan tindakan dengan peningkatan mutu atau pemecahan masalah pada sekelompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakan, kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan dengan situasi dan kondisi, sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah pada siklus 1 diperoleh dengan hasil belajar siswa 55,5% dengan siswa tuntas 10 siswa dari 18 siswa, afektif dan psikomotor siswa masih kurang. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan hasil belajar siswa 83,3% dengan siswa tuntas 15 siswa, afektif dan psikomotor siswa menjadi lebih baik. Kesimpulan yang telah diperoleh adalah bahwa terjadi peningkatan hasil belajar melalui penerapann model cooperative script pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jatiurip I Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kooperatif script, Bahasa Indonesia, hasil belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 27 Apr 2024 06:24
Last Modified: 27 Apr 2024 06:24
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item