AMALIA, FINY RIZKY (2022) HUBUNGAN DAYA KOLABORASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI KADEMANGAN 4 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI FINY RIZKY AMALIA.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI FINY RIZKY AMALIA.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK FINY RIZKY AMALIA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I FINY RIZKY AMALIA.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II FINY RIZKY AMALIA.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III FINY RIZKY AMALIA.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV FINY RIZKY AMALIA.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V FINY RIZKY AMALIA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FINY RIZKY AMALIA.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan daya kolaborasi dengan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS pada kelas IV di SD Negeri Kademangan 4 Kota Probolinggo. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah Kelas IV dengan jumlah keseluruhan 27 siswa. 14 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kolaborasi, sedangkan 13 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu Dokumentasi dan Tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Tes berupa soal pilihan ganda yang telah di uji validitas dan uji reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan daya kolaborasi dengan prestasi belajar dan menguji hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara daya kolaborasi dengan prestasi belajar. Berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh nilai rxy adalah 0,884, dan setelah di koreksi dengan taraf signifikan 5% dengan standar defiasi (df) n=32 menunjukkan bahwa hasil pada taraf signifikan 5% sebesar 0,340 Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa rhitung(0,884) > rtabel(0,349).
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kolaborasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 02:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 02:46 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4130 |
Actions (login required)
View Item |