PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SDN TEMUNGGUNGAN

SAHAR, NYANTA ABDUS (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SDN TEMUNGGUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI NYANTA ABDUS SAHAR.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI NYANTA ABDUS SAHAR.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NYANTA ABDUS SAHAR.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I NYANTA ABDUS SAHAR.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II NYANTA ABDUS SAHAR.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III NYANTA ABDUS SAHAR.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV NYANTA ABDUS SAHAR.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V NYANTA ABDUS SAHAR.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA NYANTA ABDUS SAHAR.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan pembelajaran tematik yang mengharuskan peserta didik berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Peran serta atau peran aktif dalam pembelajaran yang dimiliki peserta didik SDN Temenggungan masih cukup kurang. Hal tersebut disebabkan oleh bahan ajar yang kurang menarik minat belajar peserta didik. Maka, perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa LKPD demi meningkatkan mutu pembelajaran. Pengembangan bahan ajar berupa LKPD juga disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengembangan LKPD berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada pembelajaran tematik kelas V SDN Temenggungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Sebagai sumber data dalam penelitian ini, dipilih peserta didik kelas V SDN Temenggungan, Kraksaan tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 8 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 8 April 2022 sampai dengan 9 April 2022 dengan melaksanakan uji coba produk kepada peserta didik. Pengambilan data dilakukan melalui beberapa kegiatan, yaitu observasi, wawancara, pengisian angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu produk berupa bahan ajar LKPD berbasis contextual teaching and learning untuk peserta didik kelas 5 Sekolah Dasar, dengan tujuan memenuhi belum tersedianya LKPD berbasis CTL dengan tampilan yang berbeda dan menarik, serta meningkatkan mutu pembelajaran. LKPD berbasis CTL telah melewati tahap validasi bahar ajar LKPD dengan tingkat pencapaian 21 poin dengan kategori sangat baik, kemudian validasi materi yang dilakukan sebanyak 2 kali, dengan pencapaian 47 poin dengan kategori baik. Sedangkan hasil validasi kevalidan dan kepraktisan oleh guru mencapai 20 poin berkategori sangat baik, dan dengan respon peserta didik yang mencapai 20 poin dengan kategori sangat baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis CTL yang dikembangkan, layak dan valid untuk digunakan sebagai salah satu penunjang dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, tematik, pembelajaran, Contextual Teaching and Learning
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:29
Last Modified: 13 Dec 2023 04:29
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4136

Actions (login required)

View Item View Item