PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKS TEMATIK BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI GENDING 1

KUSMASTUTI, REICHA ROSSA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKS TEMATIK BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI GENDING 1. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI REICHA ROSSA KUSMASTUTI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI REICHA ROSSA KUSMASTUTI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK REICHA ROSSA KUSMASTUTI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I REICHA ROSSA KUSMASTUTI.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II REICHA ROSSA KUSMASTUTI.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III REICHA ROSSA KUSMASTUTI.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV REICHA ROSSA KUSMASTUTI.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA REICHA ROSSA KUSMASTUTI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini bahwa kurangnya sumber belajar dan tidak adanya aktivitas yang menarik dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Kurangnya sumber belajar membuat siswa merasa kesulitan mempelajari suatu topik dikarenakan terbatasnya materi yang ada di dalam buku paket tematik. Tujuan penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, kelayakan dan respon guru terhadap pengembangan bahan ajar tematik berbasis project-based learning di kelas IV SD Negeri Gending 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development, yang mengacu pada model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain pengembangan bahan ajar tematik berbasis PjBL sudah baik dan bisa menjadi inovasi baru yang menarik, (2) kelayakan bahan ajar tematik berbasis PjBL dinilai oleh validator ahli media memperoleh 92,1% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli materi diperoleh kelayakan mencapai 87,5% temasuk dalam kategori “Sangat Layak”, (3) hasil respon guru terhadap bahan ajar pada pembelajaran tematik ini memperoleh 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Project-Based Learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:23
Last Modified: 13 Dec 2023 06:23
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4137

Actions (login required)

View Item View Item