PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI PINTAR (TTP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS 3 SD NEGERI DRINGU

AZIZA, KOMARIA (2023) PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI PINTAR (TTP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS 3 SD NEGERI DRINGU. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI KOMARIA AZIZA.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI KOMARIA AZIZA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK KOMARIA AZIZA.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 KOMARIA AZIZA.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 KOMARIA AZIZA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 KOMARIA AZIZA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 KOMARIA AZIZA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 KOMARIA AZIZA.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6 KOMARIA AZIZA.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA KOMARIA AZIZA.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media Teka-teki Pintar (TTP) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada perkalian dan pembagian kelas 3 SD Negeri Dringu. Data di SD Negeri Dringu menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran, terutama mata pelajaran Matematika pada siswa kelas 3 yang berakibat pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan oleh kurangnya penerapan media pembelajaran yang digunakan guru. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai penerapan media Teka-Teki Pintar (TTP) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada perkalian dan pembagian kelas 3 SD Negeri Dringu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam melakukan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun jumlah siswa kelas 3 terdiri dari 25 siswa dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 10 dan siswi perempuan berjumlah 15. Hasil Belajar Siswa setelah diterapkan media Teka-Teki Pintar (TTP) meningkat yaitu dapat dilihat dari hasil pra-tindakan siswa yaitu hanya 6 siswa (24%) mendapat nilai tuntas dan 19 siswa (76%) mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus 1 mengalami sedikit peningkatan yaitu terdapat 15 siswa (60%) mendapat nilai tuntas dan 10 siswa (40%) mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus 2 juga mengalami peningkatan hasil belajar yaitu terdapat 22 siswa (88%) mendapat nilai tuntas dan 3 siswa (12%) mendapat nilai belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media Teka-Teki Pintar (TTP) dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika pada perkalian dan pembagian Siswa Kelas 3 SD Negeri Dringu.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Teka-Teki Pintar, Hasil Belajar, Matematika.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:04
Last Modified: 13 Feb 2024 06:04
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4251

Actions (login required)

View Item View Item