WIJAYANTI, MAULIDZA (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BUSA (BUKU SAKU) BERBASIS MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SDN JATIURIP I KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI MAULIDZA WIJAYANTI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI MAULIDZA WIJAYANTI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK MAULIDZA WIJAYANTI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I MAULIDZA WIJAYANTI.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II MAULIDZA WIJAYANTI.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III MAULIDZA WIJAYANTI.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV MAULIDZA WIJAYANTI.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V MAULIDZA WIJAYANTI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA MAULIDZA WIJAYANTI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor terpenting dalam pembelajaran di kelas adalah media pembelajaran. Siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari ketika tersedia media menarik yang dapat membantu pembelajaran. Mata pelajaran IPA di sekolah dasar sangat penting untuk menumbuhkan sikap ilmiah, keterampilan proses, dan pemahaman tentang alam yang diperlukan untuk mempelajari alam itu sendiri dan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan,pelaksanaan dan penilaian implementasi media belajar buku saku berbasis mind mapping pada pembelajaran IPA materi siklus air kelas V SDN Jatiurip I kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggali data penelitian berupa deskriptif atau kata-kata yang mendeskripsikan semua temuantemuan data yang telah ditemukan saat berada di lapangan. Berdasarkan hasil data penelitian, bahwasannya guru kelas V melakukan persiapan pembelajaran IPA dengan membuat RPP secara lengkap dan sistematis serta mempersiapkan media belajar yang relevan dengan materi pembelajaran yaitu menggunakan media buku saku berbasis mind mapping. Pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan media buku saku ini memiliki tahapan-tahapan yang sistematis, sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru. Penilaian pembelajaran IPA dengan media buku saku dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi,media pembelajaran,IPA |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 06:15 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 06:15 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4252 |
Actions (login required)
View Item |