HALIMAH, NUR (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SDN ANDUNGSARI 1. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI NUR HALIMAH.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI NUR HALIMAH.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK NUR HALIMAH.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 NUR HALIMAH.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 NUR HALIMAH.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 NUR HALIMAH.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4 NUR HALIMAH.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 NUR HALIMAH.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NUR HALIMAH.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan multikultural adalah proses pendidikan yang membantu individu mengembangkan cara menerima, menghargai dan berpartisipasi dalam sistem budaya yang berbeda dari mereka sendiri. Bisa juga diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat Tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan implementasi pendekatan pendidikan multikultural pada pembelajaran IPS dalam mengembangkan sikap toleransi berbudaya siswa di SDN Andungsari 1. 2) Mendeskripsikan implementasi pendekatan pendidikan multikultural pada pembelajaran IPS dalam mengembangkan sikap toleransi gotong royong siswa di SDN Andungsari 1. 3) Mendeskripsikan implementasi pendekatan pendidikan multicultural pada pembelajaran IPS dalam mengembangkan sikap toleransi beragama siswa di SDN Andungsari 1. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Hubermas dan Miles. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian 1) Implementasi pendekatan pendidikan multicultural pada pembelajaran IPS dalam mengembangkan sikap toleransi berbudaya siswa melalui budaya diskusi. 2) Implementasi pendekatan pendidikan multicultural pada pembelajaran IPS dalam mengembangkan sikap toleransi gotong royong pada siswa melalui kegiatan kerja sama disekolah. 3) Implementasi pendekatan pendidikan multicultural pada pembelajaran IPS dalam mengembangkan sikap toleransi beragama siswa yaitu: a) menghargai dan menghormati penganut agama lain, sekaligus menghormati dan menghargai sesama umat muslim, b) Sikap toleransi dalam kegiatan keagamaan sholat dhuha berjamaah.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multikultural, IPS, Sikap Toleransi |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 02:23 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 02:23 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4257 |
Actions (login required)
View Item |