SUMARDI, RAYHAN IBNU HAJAR (2023) PERAN GURU DALAM MENGATASI HILANGNYA ATTITUDE TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA DI MTS RAUDLATUL HASANIYAH KELAS IX. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI RAYHAN IBNU HAJAR.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI RAYHAN IBNU HAJAR.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK RAYHAN IBNU HAJAR.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 RAYHAN IBNU HAJAR.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 RAYHAN IBNU HAJAR.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 RAYHAN IBNU HAJAR.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4 RAYHAN IBNU HAJAR.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 RAYHAN IBNU HAJAR.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA RAYHAN IBNU HAJAR.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Masalah dari penelitian disebabkan oleh kurangnya attitude siswa sehingga masih terdapat siswa yang melakukan perilaku negative perundungan secara verbal dan non verbal.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimanaperan guru PPKn dalam meningkatkan attitude guna mencegah perbuatan negatif, faktor pendukung dan penghambatnya dan solusi untuk menangani faktor penghambat guru PPKn dalam meningkatkan attitude guna mencegah perbuatan negative di MTs.Raudlatul Hasaniyah Kota Probolinggo .Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek dari penelitian ini meliputi guru PPKn, siswa, kepala sekolah dan siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analis data dilakukan dengan reduksi data, display data danverifikasi data. Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu peran guru PPKn dalam meningkatkan attitude guna mencegah perbuatan negative di MTs.Raudlatul Hasaniyah Kota Probolinggo yaitu sangat penting. Guru PPKn melakukan tugasnya dengan sangat baik. Upaya yang diberikan guru PPKn dalam meningkatkan attitude guna mencegah perbuatan negative yaitu dengan a) membentuk kepribadian baik pada siswa b) selalu memberi contoh baik secara langsung kesiswa c) aktif dalam memberi nasehat, arahan serta bimbingan kepada siswa d) menjadikan siswa berpikir kritis g) memberikan penanganan terhadap kasus perundungan. Faktor pendorong guru PPKn dalam meningkatkan attitude guna mencegah perbuatan negative yaitu : a) adanya kerja sama dari seluruh warga sekolah, b) adanya tata tertib sekolah, c) adanya sosialisasi dari pihak luar sekolah. Faktor penghambatnya yaitu : a) kurangnya kesadaran siswa b) adanya pengaruh buruk pergaulan, c) kurangnya perhatian orang tua d) adanya pengaruh buruk media sosial.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, attitude, proses belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 03:38 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 03:38 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4301 |
Actions (login required)
View Item |