RIDHO, ALI (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SD ISLAM AL-AMIN KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ALI RIDHO.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI ALI RIDHO.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ALI RIDHO.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ALI RIDHO.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ALI RIDHO.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ALI RIDHO.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV ALI RIDHO.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V ALI RIDHO.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ALI RIDHO.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merupakan jantung pendidikan yang digunakan sebagai sistem rencana dan tekhnik mengenai bahan pembelajaran.Sistem kurikulum ini dibuat dan disahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Penelitian ini memfokuskan pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Implementasi Kurikulum Merdeka yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana Kurikulum Merdeka diterapkan di tingkatan SD Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif..Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV di SD Islam Al-Amin Kabupaten Probolinggo. Perencanaan sudah lebih dulu disiapkan saat pelaksanaan KKG gugus 2 Kecamatan Leces. Tahap pelaksana dikaksanakan sesuai dengan pedoman yang ada pada perangkat pembelajaran. Pada tahap perencanaan, kurikukulum tidak dapat meninggalkan suatu proses perencaan sebelum pelaksanaan. Pada tahap perencaanan guru kelas IV sudah siap dengan semua perangkat pembelajaran CP, ATP, Modul Ajar dan Modul P5. Perencanaan dibuat sedemikian rupa sesuai dengan panduan dari dinas Pendidikan “SK Kemendikbud Kurikulum Merdeka”.Pelaksanaan pun dapat terlaksana sesuai dengan panduan ATP dan modul ajar dengan memperhatikan aspek penilaian deferensiasi peserta didik. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memusatkan pada peserta didik untuk lebih aktif dan kreatif .Pada tahap evaluasi pun sudah terlaksana sesuai dengan metodenya yaitu dengan evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar di SDI Al-Amin Kabupaten Probolinggo dengan mengadakan assessment formatif dan assessment sumatif. evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum merdeka menggunakan assessment formatif dan sumatif. Assessment formatif diserahkan kepada guru mata pelajaran masimg-masing, seperti kuis, ulangan harian, dan penilaian proyek. Sedangkan Assessmen sumatif, langsung pihak sekolah yang mengadakan untuk melihat hasil akhir dari pembelajaran, seperti ujian MID semester dan ujian semester.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Implementasi Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan, Perencanaan. |
Subjects: | Fakultas Sosial dan Ilmu Politik |
Divisions: | Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 02:25 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:25 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4379 |
Actions (login required)
View Item |