PENGEMBANGAN MEDIA BERGAMBAR MaPin (MAJALAH PINTAR) BERORIENTASI KETERAMPILAN INTRAPERSONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II di SD MUHAMMADIYAH 2 PENDIL KAB. PROBOLINGGO

LUTFIAH, ARIFATUL (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BERGAMBAR MaPin (MAJALAH PINTAR) BERORIENTASI KETERAMPILAN INTRAPERSONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II di SD MUHAMMADIYAH 2 PENDIL KAB. PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ARIFATUL LUTFIAH.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI ARIFATUL LUTFIAH.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ARIFATUL LUTFIAH.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ARIFATUL LUTFIAH.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ARIFATUL LUTFIAH.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ARIFATUL LUTFIAH.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ARIFATUL LUTFIAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ARIFATUL LUTFIAH.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ARIFATUL LUTFIAH.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Adanya covid-19 membuat siswa kelas II angkatan 2021-2022 mengalami pembelajaran daring selama di kelas I. Efek yang ditimbulkan terdapat beberapa siswa yang tidak lancar membaca karena beberapa faktor eksternal dan internal dan kurang adanya interaksi dengan teman sekelasnya ketika di kelas sebelumnya. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran yang menyesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan mengasilkan produk berupa media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Upaya meningkatkan minat, motivasi, ketertrikan, semangat, dan intapersonal siswa, yaitu; (1) mengembangkan Media MaPin (Majalah Pintar Berorientasi Keterampilan Intrapersonal yang sesuai dengan KD dan indikator, potensi siswa, dan karakteristik siswa. (2) melakukan pembelajaran dengan cara siswa berpasangpasangan yang dapat meningkatkan intrapersonal antar siswa, kognitif, keaktifan, serta psikomotorik. Metode penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) yang dikenal dengan penelitian dan pengembangan yang mengadopsi dari Borg and Gall. Pengumpulan data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara langsung, angket validasi ahli media, ahli materi, penilaian guru/wali kelas, serta angket respon siswa dan dokumentasi. Hasil validasi ahli media memperoleh 93% dengan rata-rata 3,72 yang berarti valid dan layak digunakan. Hasil validasi ahli materi memperoleh 93,7% dengan ratarata 3,75 dapat dikatakan layak untuk digunakan. Penilaian guru/wali kelas II memperoleh 89,5% dengan rata-rata 3,58 dapat dikatakan media pembelajaran sangat praktis, serta hasil angket respon positif siswa diperoleh 97,7% bahwa media ini praktis dan efektif digunakan. Jadi ketika menggunakan media dalam pembelajaran, memiliki poin penting karena siswa dapat lebih termotivasi dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media MaPin, Valid, Praktis, Efektif, Intrapersonal.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:12
Last Modified: 11 Dec 2023 01:12
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item