FEBILINA, NOVILIA PUTRI (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TPS (THINK PAIR SHARE) PADA SUBTEMA 4 (MERAWAT TUMBUHAN) SISWA KELAS II SDN BANJARSARI 2 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NOVILIA PUTRI FEBILINA.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (288kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena terdapat suatu masalah yang ditemukan dalam pembelajaran di SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo, sehinga mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang optimal. Berdasarkan observasi banyak siswa yang kurang aktif, tidak percaya diri, serta bersikap acuh ketika pembelajaran dan guru sering menggunakan model pembelajaran ceramah sehingga pembelajaran kurang aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo pada materi Tema 6 Subtema 4 (Merawat Tumbuhan). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdapat 4 tahapan yaitu perncanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 28 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat yang awalnya pada siklus 1 sebesar 59% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 81%. Selanjutnya untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa pada pre tes yaitu 65,92 dengan persentase 46,43%, pada siklus 1 menjadi 73,82 dengan persentase 71,43%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85 dengan persentase 92,85%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Think Pair Share |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 02:14 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 02:14 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4256 |
Actions (login required)
View Item |