PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SDIT TAHFIDZ BINTANGKU KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO

SUPARNI, (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SDIT TAHFIDZ BINTANGKU KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI SUPARNI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SUPARNI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUPARNI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SUPARNI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SUPARNI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SUPARNI.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SUPARNI.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SUPARNI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SUPARNI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah hubungan antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pendidik memiliki kontrol penuh dan memegang peranan penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Keberhasilan suatu pembelajaran tergantung pada kreativitas pendidik dalam mengelola pembelajaran. Penelitian dilakukan karena rendahnya prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SDIT Tahfidz BintangKU Kota Probolinggo. Hal ini didasarkan pada wawancara dengan guru kelas dan observasi siswa melalui pre- test. Hasil pretest menunjukkan rata-rata 30,75. Oleh karena itu peneliti dipindahkan ke SDIT Tahfidz BintangKU Kota Probolinggo untuk melakukan penelitian tentang siswa kelas V dengan penelitian tindakan kelas (PTK) dan model pembelajaran Collaborative Integrated Reading and Composition (CIRC). Sampel penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas V SDIT Tahfidz BintangKU Kota Probolinggo. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan esai, dan aktivitas siswa menggunakan angket aktivitas siswa dan lembar observasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur hasil belajar siswa. Penerapan tipe CIRC ini memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan hasil belajar siswa, meningkatkan nilai rata-rata siswa pada Siklus II. Nilai rata-rata siklus I adalah 55,5, dan dianggap perlu ditingkatkan untuk mencapai hasil belajar, dan nilai rata-rata siklus II adalah 71,5. Terlihat bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPA, Hasil Belajar, Model CIRC
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 27 Apr 2024 03:16
Last Modified: 27 Apr 2024 03:16
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4780

Actions (login required)

View Item View Item