W, SITI KHOLIFAH S.M. (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN 2 DIMENSI BERBASIS MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS 3 DI SDN KALISALAM 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI SITI KHOLIFAH.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI SITI KHOLIFAH.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SITI KHOLIFAH.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 SITI KHOLIFAH.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 SITI KHOLIFAH.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 SITI KHOLIFAH.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4 SITI KHOLIFAH.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 SITI KHOLIFAH.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SITI KHOLIFAH.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan Hasil data penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa dikelas 3 diawal pertemuan dapat dikategorikan rendah serta bahan ajar yang digunakan oleh guru kelas 3 sangatlah konvensional, kurang efektif serta guru masih menggunakan metode ceramah, diskusi dan penugasan. didasari beberapa permasalahan yang terjadi dalam penelitian, maka peneliti memutuskan untuk melakukan observasi ke SDN Kalisalam 1 tentang Penerapan media pembelajaran 2 dimensi berbasis montessori dengan Tujuan untuk mengetahui bagaimana Media pembelajaran 2 dimensi berbasis montessori dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas 3 SDN Kalisalam 1 kabupaten probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dua pertemuan dalam setiap siklusnya, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Kalisalam 1 berjumlah 28 siswa terjadi dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 66,6% dengan angka presentase aktivitas siswa adalah 65,55% yang di kategorikan kurang dan siswa yang siswa yang tuntas mencapai 11 siswa dan 17 siswa dinyatatakan tuntas Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 79% dengan angka presentase aktivitas siswa adalah 81,21% yang dikategorikan baik serta siswa yang tuntas pada siklus II mencapai 23 dari 28 siswa kelas 3 dinyatakan tuntas belajarnya dengan perolehan nilai tertinggi 80-90 angka tersebut sesuai dengan nilai yang ditetapkan KKM 75. Dapat disimpulkan Penerapan Media pembelajaran 2 dimensi berbasis montessori dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas 3 SDN Kalisalam 1 kabupaten probolinggo.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran 2 dimensi, IPA, Hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Apr 2024 02:53 |
Last Modified: | 27 Apr 2024 02:53 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4779 |
Actions (login required)
View Item |