ANGGILIA, DEWI SINDY (2023) P E N G A R U H M E D I A D I O R A M A T E R H A D A P HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA NYARING KELAS III TEMA “ MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN” DI SDN DRINGU TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI DEWI SINDY ANGGILIA.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI DEWI SINDY ANGGILIA.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK DEWI SINDY ANGGILIA.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I DEWI SINDY ANGGILIA.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II DEWI SINDY ANGGILIA.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III DEWI SINDY ANGGILIA.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV DEWI SINDY ANGGILIA.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V DEWI SINDY ANGGILIA.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DEWI SINDY ANGGILIA.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (291kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah guru lebih menggunakan metode ceramah yang menimbulkan kebosanan pada siswa yang mengakibatkan siswa tidak dapat memahami mata pelajaran, terutama pada membaca nyaring, siswa tidak memiliki keterampilan membaca dan juga tidak ada media pembelajaran yang dapat menarik perhatikan siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca nyaring di kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media diorama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi membaca nyaring siswa kelas III tema menyanyangi tumbuhan dan hewan di SDN Dringu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang dilaksanakan di kelas III SDN Dringu tahun ajaran 2022/2023 dengan materi membaca nyaring dan jumlah siswa di kelas III yaitu 25 siswa. Penelitian kuantitatif menggunakan jenis pre- eksperimental desgin dengan desain One Group Pretest-Posttest. Keberhasilan hasil belajar dapat dilihat dari indikator ketuntasan hasil belajar. Pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila aspek yang sudah dijelaskan dapat terpenuhi. Intstrumen penelitian ini menggunakan RPP dan Penilaian pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) observasi, 2) tes, 3) angket dan 4) dokumentasi. Hasil dari analisis statistik deskriptif dari penggunaan media diorama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi membaca nyaring menunjukkan hasil belajar lebih baik daripada sebelum menggunakan media diorama. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji t yaitu thitung adalah 9,60 dan ttabel 2,064 dengan db N-1= 24-1=24 dengan demikian hipotesi nol ditolak (Ho) dan hipotesis alternatif di terima (Ha). Dalam hal ini menunjukkan penggunaan media diorama sangat berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi membaca nyaring kelas III di SDN Dringu tahun ajaran 2022/20223.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media diorama, membaca nyaring dan hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 04:04 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 04:04 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4289 |
Actions (login required)
View Item |