INNISYA’, ASFIA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA EXPLOSION BOX PADA SUBTEMA 1 (AKU DAN CITA-CITAKU) KELAS IV DI SDN PAJURANGAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ASFIA INNISYA’.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI ASFIA INNISYA’.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ASFIA INNISYA’.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ASFIA INNISYA’.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ASFIA INNISYA’.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ASFIA INNISYA’.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV ASFIA INNISYA’.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V ASFIA INNISYA’.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI ASFIA INNISYA’.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ASFIA INNISYA’.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di SDN Pajurangan, sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum mencapai KKM yang telah diterapkan. Berdasarkan observasi diketahui bahwa penggunaan metode konvensional, dimana berfokus pada guru dengan metode ceramah dan tanya jawab mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilakanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dengan 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Pajurangan berjumlah 21 siswa terdiri dari 14 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada prasiklus sebesar 33% dengan rata-rata kelas sebesar 64, pada siklus 1 mengalami peningkatan 24% menjadi 57% dengan rata-rata kelas sebesar 70 dan pada siklus II mengalami peningkatan 33% menjadi 90% dengan rata-rata kelas 80. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan rata-rata mencapai 80% pada pembelajaran Subtema 1.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL),Explosion Box |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 03:06 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:06 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4287 |
Actions (login required)
View Item |